Langsung ke konten utama

MATERI ETIKA PROFESI IT

 DOWNLOAD MATERI

LINK : DOWNLOAD


ATAU TONTON 

LINK : TONTON


Etika Profesi & Budi Pekerti

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, etika adalah:

Ilmu tentang apa yang baik dan yang buruk, tentang hak dan kewajiban moral.
Kumpulan asas/nilai yang berkenaan dengan akhlak
Nilai mengenai yang benar dan salah yang dianut masyarakat.

 

Dari asal usul kata, Etika berasal dari bahasa Yunani “ethos” yang berarti adat istiadat/kebiasaan yang baik.

Perkembangan etika à studi tentang kebiasaan manusia berdasarkan kesepakatan, menurut ruang dan waktu yang berbeda, yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan pada umumnya.

 

Sony Keraf (1991): moralitas adalah sistem tentang bagaimana kita harus hidup dengan baik sebagai manusia.
Frans Magnis Suseno (1987): etika adalah sebuah ilmu dan bukan sebuah ajaran.
Moralitas menekankan, “inilah cara anda melakukan sesuatu
Etika lebih kepada, “mengapa untuk melakukan sesuatu itu harus menggunakan cara tersebut?

 

Secara etimologi, etika dapat disamakan dengan Moral. Moral berasal dari bahasa latin mos yang berarti adat kebiasaan.

Moral lebih kepada rasa dan karsa manusia dalam melakukan segala hal di kehidupannya. Jadi Moral lebih kepada dorongan untuk mentaati etika.

 

 Faktor yang mempengaruhi pelanggaran Etika

Kebutuhan Individu

  Korupsiàalasan ekonomi

Tidak ada pedoman

  Area “abu-abu”, sehingga tak ada panduan

 

Perilaku dan kebiasaan individu

  Kebiasaan yang terakumulasi tak dikoreksi

Lingkungan tidak etis

  Pengaruh dari komunitas

Perilaku orang yang ditiru

  Efek primordialisme yang kebablasan

 

Sanksi Pelanggaran Etika

Sanksi Sosial

  Skala relatif kecil, dipahami sebagai kesalahan yang dapatdimaafkan”.

Sanksi Hukum

  Skala besar, merugikan hak pihak lain. Hukum Pidana menempati prioritas utama, diikuti oleh hukum Perdata.

 

Etika & Teknologi

Teknologi adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia untuk memudahkan pekerjaannya.
Kehadiran teknologi membuat manusiakehilanganbeberapa sense of human yang alami.

  (otomatiasi mesinàrefleks/ kewaspadaan melambat)

 

Cara orang berkomunikasi, by email or by surat, membawa perubahan signifikan, dalam sapaan/tutur kata
Orang berzakat dengan SMS, implikasi pada silaturahmi yang “tertunda
Emosi (“touch”) yang semakin tumpul karena jarak dan waktu semakin bias dalam Teknologi Inf.

 

 

TUGAS

Berikan contoh perubahan proses bisnis/sosial -akibat teknologi- yang “melunturkannilai etika tradisional.
Untuk tiap contoh, sebutkan teknologinya-model kerjanya-nilai etika tradisional yang hilang.
Maksimal 2 contoh, @ 5 poin menambah UTS 

 

 

Etika Komputer: Sejarah dan Perkembangannya

 

 Sejarah Etika Komputer

Era 1940-1950-an

  Diawali dengan penelitian Norbert Wiener (Prof dari MIT) tentang komputasi pada meriam yang mampu menembak jatuh pesawat yang melintas di atasnya (PD II).

Ramalannya tentang komputasi modern yang pada dasarnya sama dengan sistem jaringan syaraf yang bisa melahirkan kebaikan sekaligus malapetaka.
Era 1960-an

  Ungkapan Donn Parker: “that when people entered the computer center, they left their ethics at the door”

Dalam contoh kasus pemrosesan data, spesialis komputer bisa mengetahui data apa saja secara cepat.
 
Era 1980-an

  Kemunculan kejahatan komputer (virus, unautorizhed login, etc)

Studi berkembang menjadi suatu diskusi serius tentang masalah etika komputer. Lahirlah buku “Computer Ethics” (Johnson,1985)
 
Era 1990-an sampai sekarang

  Implikasi pada bisnis yang semakin meluas akibat dari kejahatan komputer, membuat lahirnya forum-forum yang peduli pada masalah tersebut.

  (ETHICOMP by Simon Rogerson, CEPE by Jeroe van Hoven etc)

  
Isu-isu Pokok Etika Komputer
Kejahatan Komputer

  Kejahatan yang dilakukan dengan komputer sebagai basis teknologinya

  Virus, spam, penyadapan, carding, Denial of Services (DoS)/melumpuhkan target

Cyber ethics

  Implikasi dari INTERNET (Interconection Networking), memungkinkan pengguna IT semakin meluas, tak terpetakan, tak teridentifikasi dalam dunia anonymouse.

Diperlukan adanya aturan tak tertulis à Netiket, Emoticon
  

E-commerce

  Otomatiasi bisnis dengan internet dan layanannya, mengubah bisnis proses yang telah ada dari transaksi konvensional kepada yang berbasis teknologi, melahirkan implikasi negatif; bermacam kejahatan, penipuan, kerugian karena ke-anonymouse-an tadi.

 
Pelanggaran HAKI

  Masalah pengakuan hak atas kekayaan intelektual. Pembajakan, cracking, illegal software dst.

Tanggungjawab profesi

  Sebagai bentuk tanggungjawab moral, perlu diciptakan ruang bagi komunitas yang akan saling menghormati. Misalnya IPKIN (Ikatan Profesi Komputer & Informatika-1974)

  Tugas
Berikan contoh etiket atau pelanggaran berinternet yang anda ketahui dalam:

  a. berkirim surat melalui email

  b. berbicara dalam chatting

Jelaskan dari berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan pada dua kegiatan di atas!
Maksimal nilai diberikan: 5 point
 

 

Pekerjaan, Profesi dan Profesional

 
 
Manusia dan kebutuhannya
Abdulkadir Muhammad (2001) mengklasifikasikan kebutuhan manusia sebagai berikut:

  a. kebutuhan ekonomi (material)

  b. kebutuhan psikis (non-materi)

  c. kebutuhan biologis (proses   regenerasi)

  d. kebutuhan pekerjaan (kebutuhan   akan status dan derajat)

 
Pekerjaan & Profesi
Thomas Aquinas seperti dikutip Sumaryono (1995) mengatakan bahwa wujud kerja memiliki tujuan:

  a. pemenuhan kebutuhan hidup

  b. mengurangi tingkat   pengangguran/kriminalitas

  c. melayani sesama

 
Profesi merupakan bagian dari pekerjaan, namun tidak setiap pekerjaan adalah profesi.
Seorang petugas staf administrasi bisa berasal dari berbagai latar ilmu, namun tidak demikian halnya dengan Akuntan, Pengacara, Dokter yang membutuhkan pendidikan khusus.
Profesi merupakan suatu pekerjaan yang mengandalkan keterampilan dan keahlian khusus yang tidak didapatkan pada pekerjaan-pekerjaan sebelumnya.
Profesi merupakan suatu pekerjaan yang menuntut pengemban profesi tersebut untuk terus memperbaharui keterampilannya sesuai perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi.
 
 
 
 
PROFESI & PROFESIONAL
 

Bekerjalah dengan cinta

Jika engkau tidak dapat bekerja dengan cinta, lebih baik engkai meningalkannya

Dan mengambil tempat di depan pintu gerbang candi-candi, meminta sedekah kepada mereka yang bekerja dengan penuh suka dan cita

(Kahlil Gibran)

 
 
Seorang pelaku profesi harus memiliki sifat-sifat berikut:

  a. Menguasai ilmu secara mendalam   di bidangnya

  b. Mampu mengkonversi ilmu   menjadi keterampilan

  c. Menjunjung tinggi etika dan   integritas profesi

 
Profesional adalah orang yang menjalankan profesinya secara benar menurut nilai-nilai normal.
Untuk menjadi seorang yang profesional, diperlukan: komitmen, tanggungjawab, kejujuran, sistematik berpikir,penguasaan materi, menjadi bagian masyarakat profesional.
 
Quiz
Jelaskan bagaimana bentuk profesionalisme dalam profesi seperti: polisi, hakim, dokter, programmer, data entri operator, database administrator dan sebagainya.
Pilihlah satu profesi bidang IT dan satu profesi bidang non-IT, maksimal nilai diberikan: 5 poin.
 

 

 

PROFESI DI BIDANG

TEKNOLOGI INFORMASI

  

Sebelum kita melihat lebih jauh tentang profesi di bidang teknologi informasi, pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah apakah pekerjaan di bidang teknologi informasi tersebut dapat dikatakan sebagai suatu profesi ?

 
4.1 Gambaran Umum Pekerjaan di Bidang Teknologi Informasi

Secara umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi setidaknya terbagi dalam 4 kelompok sesuai bidangnya.

a.Kelompok pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi. 
 

Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :

Sistem analis, merupakan orang yang bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain sistem yang akan

dikembangkan.

 
Programer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan sistem analis, yaitu membuat program (baik aplikasi maupun sistem operasi) sesuai sistem yang dianalisa sebelumnya
 
Web designer, merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
Web Programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.
dan lain-lain
 
b.Kelompok kedua, adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware).

  Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti:

Technical engineer, sering juga disebut teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat sistem komputer
 

 

Networking Engineer, adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya
dan lain-lain
 
c.Kelompok ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional sistem informasi.

  Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :

EDP Operator, adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.

System Administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap sistem, melakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem
MIS Director, merupakan orang yang memiliki wewenang paling tinggi terhadap sebuah sistem informasi, melakukan manajemen terhadap sistem tersebut secara keseluruhan baik perangkat keras, perangkat lunak maupun sumber daya manusianya.
 
4.2 Profesi di Bidang TI Sebagai Profesi

Untuk mengatakan apakah suatu pekerjaan termasuk profesi atau bukan, kriteria pekerjaan tersebut harus diuji.

Sebagai contoh, pekerjaan sebagai staf operator komputer (sekedar mengoperasikan), tidak masuk dalam golongan profesi jika untuk bekerja sebagai staf operator tersebut tidak membutuhkan latar belakang pendidikan, pengetahuan dan pengalaman tertentu.

 

Adapun seorang software engineer dapat dikatakan sebagai sebuah profesi karena seseorang yang bekerja sebagai software engineer haruslah berpengetahuan dan memiliki pengalaman kerja di bidangnya.

 

Julius Hermawan (2003), mencatat dua karakteristik yang dimiliki oleh software engineer sehingga pekerjaan tersebut layak disebut sebuah profesi, yaitu:

1.Kompetensi

  Kompetensi yang dimaksud yaitu sifat yang selalu menuntut profesional software engineer untuk memperdalam dan memperbaharui pengetahuan dan ketrampilannya sesuai tuntutan profesinya.

 
2.Tanggung jawab pribadi

  Yang dimaksud yaitu kesadaran untuk membebankan hasil pekerjaannya sebagai tanggung jawab pribadi.

Agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik dan benar, seorang software engineer perlu terus mengembangkan bidang ilmu dalam pengembangan perangkat lunak, seperti :

 

 

a.Bidang ilmu metodologi pengembangan perangkat lunak
b.Manajemen sumber daya
c.Mengelola kelompok kerja
d.Komunikasi
 
4.3  Pekerjaan di Bidang TI Standar Pemerintah

Mengingat pentingnya teknologi informasi bagi pembangunan bangsa maka pemerintah pun merasa perlu membuat standardisasi pekerjaan di bidang teknologi informasi bagi pegawainya.

Institusi pemerintah telah mulai melakukan klasifikasi pekerjaan dalam bidang teknologi informasi sejak tahun 1992.

 

Klasifikasi pekerjaan ini mungkin masih belum dapat mengakomodasi klasifikasi pekerjaan pada teknologi informasi secara umum. Terlebih lagi, deskripsi pekerjaan setiap  klasifikasi pekerjaan masih kurang jelas dalam membedakan setiap sel pekerjaan.

  Pegawai Negeri Sipil yang bekerja dibidang teknologi informasi, disebut pranata komputer.

Beberapa penjelasan tentang pranata komputer sebagai berikut:

 

 
a.Pengangkatan Pejabat Pranata Komputer

  Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan Pranata Komputer ditetapkan oleh Menteri, Jaksa Agung, Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara. Pimpinan Lembaga Pemerintah Nondepartemen dan Gubernur Kepala Daerah Tingkat 1.

 
b.Syarat-Syarat Jabatan Pranata Komputer
  Bekerja pada satuan organisasi instansi pemerintah dan bertugas pokok membuat, memelihara dan mengembangkan dan mengambangkan sistem dan atau program pengolahan dengan komputer.
Berijazah serendah-rendahnya Sarjana Muda/D3 atau yang sederajat
Memiliki pendidikan dan atau latihan dalam bidang komputer dan pengalaman melakukan kegiatan di bidang komputer
 
Memiliki pengetahuan dan atau pengalaman dalam bidang tertentu yang berhubungan dengan bidang komputer
Setiap unsur penilaian pelaksanaan pekerjaan sekurang-kurangnya bernilai baik
 
c.Jenjang dan Pangkat Pranata Komputer
 

NO

Jabatan Pranata Komputer

Pangkat

Gol/ Ruang

1

Asisten Pranata Komputer Madya

Pengatur Muda Tingkat I

II/b

2

Asisten Pranata Komputer

Pengatur

II/c

3

Ajun Pranata Komputer Muda

Pengatur Tingkat I

II/d

4

Ajun Pranata Komputer Madya

Penata Muda

III/a

5

Ajun Pranata Komputer

Penata Muda Tingkat I

III/b

6

Ahli Pranata Komputer Pratama

Penata

III/c

7

Ahli Pranata Komputer Muda

Penata Tingkat I

III/d

8

Ahli Pranata Komputer Madya

Pembina

IV/a

9

Ahli Pranata Komputer Utama Pratama

Pembina Tingkat I

IV/b

10

Ahli Pranata Komputer Utama Muda

Pembina Utama Muda

IV/c

11

Ahli Pranata Komputer Utama Madya

Pembina Utama

IV/d

 
d.Pembebasan sementara Pranata Komputer

  Untuk tetap berada pada jalur profesionalitasnya, pemerintah juga menetapkan bahwa Pranata Komputer harus dapat mengumpulkan angka kredit minimal. Angka kredit minimal yang harus dikumpulkan adalah :

1.Asisten Pranata Komputer Madya sebanyak 20 angka kredit
2.Asisten Pranata Komputer sebanyak 20 angka kredit
 

3. Ajun Pranata Komputer Muda sebanyak 20 angka kredit

 
4.Ajun Pranata Komputer Madya sebanyak 50 angka kredit
5.Ajun Pranata Komputer sebanyak 50 angka kredit
6.Ahli Pranata Komputer Pratama sebanyak 100 angka kredit
 

7.  Ahli Pranata Komputer Muda sebanyak 100 angka kredit

8.  Ahli Pranata Komputer Madya sebanyak 150 angka kredit

9.  Ahli Pranata Komputer Utama Pratama sebanyak 150 angka kredit

10. Ahli Pranata Komputer Utama Muda sebanyak 150 angka kredit

 
e.Pemberhentian dari Jabatan Pranata Komputer

  Pejabat Pranata Komputer diberhentikan dari jabatannya, apabila Pejabat Pranata Komputer yang telah dibebaskan sementara dari jabatannya tidak dapat mengumpulkan angka kredit yang dipersyaratkan dalam waktu 3 tahun setelah pembebasan sementara.

 

   Selain itu, Pejabat Pranata Komputer juga dapat diberhentikan dari jabatannya, apabila Pejabat Pranata Komputer dijatuhi hukuman disiplin Pegawai Negeri Sipil berdasarkan peraturan Pemerintah No.30 tahun 1980 dengan tingkat hukuman disiplin berat yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.

 
4.4 Standarisasi Profesi TI menurut SRIG-PS SEARCC

Adalagi jenis pengelompokan lain untuk pekerja di kalangan teknologi informasi. Yang sering digunakan adalah pengklasifikasian standarisasi profesi di bidang teknologi informasi menurut SRIG-PS SEARCC.

SEARCC (South East Asia Regional Computer Confideration) merupakan suatu forum atau badan yang beranggotakan himpunan profesional IT (Information Technology-Teknologi Informasi) yang terdiri dari 13 negara. SEARCC dibentuk pada Februari 1978, di Singapura oleh 6 ikatan komputer dari negara-negara tetangga seperti Hongkong, Indonesia, Malaysia, Filiphina, Singapura dan Thailand.

 

Indonesia sebagai anggota SEARCC telah aktif turut serta dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh SEARCC. Salah satunya adalah SRIG-PS (Special Regional Interest Group on Professional Standarisation) yang mencoba merumuskan standarisasi pekerjaan dalam dunia teknologi informasi.

Model SEARCC untuk pembagian job dalam lingkungan TI merupakan model 2 dimensi yang mempertimbangkan jenis pekerjaan dan tingkat keahlian ataupun tingkat pengetahuan yang dibutuhkan.

 

Beberapa kriteria menjadi pertimbangan dalam mengembangkan klasifikasi job ini, yaitu:

a.Cross Country, cross-enterprise applicability

  Ini berarti bahwa job yang diidentifikasi tersebut harus relevan dengan kondisi region dan setiap negara pada region tersebut, serta memiliki kesamaan pemahaman atas setiap fungsi pekerjaan.

 
b.Function Oriented bukan tittle oriented

  Klasifikasi pekerjaan berorientasi pada fungsi, yang berarti bahwa gelar atau titel yang diberikan dapat saja berbeda, tapi yang penting fungsi yang diberikan pada pekerjaan tersebut sama. Gelar atau titel dapat berbeda pada negara yang berbeda.

 
c.Testable/certificable

  Klasifikasi pekerjaan harus bersifat testable, yaitu bahwa fungsi yang didefinisikan dapat diukur/diuji.

d.Applicable

  fungsi yang didefinisikan harus dapat diterakan pada mayoritas Profesional TI pada region masing-masing.

 
    

Gambar 4.1 Model Klasifikasi yang direkomendasikan

(sumber http://wiryana.pandu.org/SRIG-PS)

 

 

Setiap jenis pekerjaan dari skema di atas masingmasing memiliki 3 tingkatan, yaitu:

1.Supervised (terbimbing)

  Tingkatan awal dengan 0-2 tahun pengalaman, membutukan pengawasan dan petunjuk dalam pelaksanaan tugasnya.

2.Moderately supervised (madya)

  Tugas kecil dapat dikerjakan oleh mereka, tetapi tetap membutuhkan bimbingan untuk tugas yang lebih besar, 3-5 tahun pengalaman.

3.Independent/Managing (mandiri)

  Memulai tugas, tidak membutuhkan bimbingan dalam pelaksanaan tugas.

 

Komentar

Sering Dilihat

Program menentukan Lantai Gedung Pakai Password Menggunakan Bahasa C/C++

seperti judul di atas, kita akan menggunakan bahasa c/c++ dalam membuat program membuat password pada setiap gedung agar kita tau ada dimana kita berada, atau lebih tepatnya di mana posisi kita.   program ini cocok sekali untuk sebuah gedung perusahaan yang multifungsi dimana pengguna akan di serahkan password untuk di tempatkan di lantai berapa mereka nantinya.   berikut source code nya       outputnya seperti ini       jika anda ingin mendownload program beserta source   KLIK Download atau nonton video lewat youtube agar lebih jelas nya disini -> YOUTUBE         Terima kasih  dan jangan lupa salam olahraga dan selalu pakai masker aku cinta kalian dan boneka teddy bear ku

PROGRAM SEDERHANA MEMBUAT MENU MAKANAN MENGGUNAKAN SWITCH -CASE DAN DO -WHILE PADA PEMROGRAMAN C/C++

  program kali ini dibuat untuk programmer tingkat awam dimana program ini bisa dikembangkan lagi kalau kalian mau, oke tanpa basa basi ini source code nya     tampilan outputnya        jika tekan menu 1 akan muncul tampilan seperti ini    jika ditekan menu selain angka 1-5 makan akan muncul tampilan seperti ini jika ingin selesai tekan angka 0 oke demikian program kali ini kalau ingin mendownload source code dan program bisa download di link ==> DOWNLOAD atau bisa juga tonton video agar lebih jelas berikut link ==> TONTON   TERIMAKASIH    SALAM OLAHRAGA  

QUERY (Permintaan, Pertanyaan)

 DOWNLOAD MATERI : DOWNLOAD NONTON MATERI : NONTON   1. Query dalam Basisdata — Salah satu proses yg dilakukan dlm sebuah sistem basisdata adalah query, yi: suatu proses utk meminta (menanya) informasi dari basisdata dlm bentuk yg diinginkan oleh pemakai dgn cara yg diinginkannya. — Proses query melibatkan 3 (tiga) unsur utama data yg ada di dlm basisdata itu, yi: entitas , atribut , dan value (besaran atau nilai) dari atribut itu. — Ketiga hal tsb dinyatakan dgn simbol 2 sbb: E = entitas ( entiti ) A = atribut V = value (nilai atau harga) dari atribut. —   Dgn simbol 2 tsb, proses query dpt dirumuskan dgn cara: 1. A(E) = ?, Artinya, berapa nilai atribut A dari entitas E, atau apa isi atribut A dari entitas E. Mis: berapa IP mahasiswa dgn NIM 12345012 ? 2. A(?) = V, Artinya, entitas mana yg memp nilai V dari atribut A-nya? Atau, entitas mana yg atribut A-nya memp nilai V.   Mis : a. Tampilkan daftar mahasiswa dgn IP > 3.5 ...