Langsung ke konten utama

System Development Tools, System Development Methods

 


SA menilai interaksi user dengan teknologi
SA menilai fungsi atau kegunaan dari bisnis dengan memeriksa pemasukan dan pengelolaan data berserta outputnya bertujuan untuk memperbaiki proses organisasi
SA harus mampu berkerja dengan orang-orang yang telah direkrutnya dan berpengalaman dalam berkerja menggunakan komputer

Ada tiga peran utama SA

SA sebagai Konsultan => (menghadirkan solusi untuk masalah sistem informasi dalam bisnis)

SA sebagai Suppoting Expert => (keahlian professional untuk mengadakan infrastruktur yang dibutuhkan dalam bisnis)

SA sebagai Agent of Change => (terus memberikan masukan dan berinteraksi terhadap bisnis dan user dalam jangka waktu lama). Orang yang berperan sebagai katalisator perubahan, mengembangkan rencana perubahan, dan berkerja dengan orang lain dalam memfasilitasi perubahan itu

 

 

 

SA harus mengetahui bagaimana menggunakan berbagai teknik untuk mengembangkan sistem, seperti:

Modelling
Prototyping
CASE (computer-aided systems engineering) Tools   
Case Tools = Teknik yang memanfaatkan perangkat lunak canggih untuk mengembangkan sistem

Case Tools membantu SA dalam mengembangkan dan merawat sistem informasi

Case Tools menjelaskan seluruh kerangka kerja untuk mengembangkan sistem dan mendukung berbagai metode desain, termasuk analisis terstruktur dan analisis berorientasi objek
  


SDLC (system development life cycle)

Membangun suatu sistem hampir sama dengan membangun sebuah rumah

Langkah 1 : Pemilik berkomunikasi dengan developer bagaimana bentuk rumah yang diinginkan

Langkah 2 : Ide yang dimiliki oleh pemilik ditranformasikan ke sketsa dan gambar yang akan ditunjukkan kepada pemilik dan disempurnakan sampai pemilik setuju bahwa gambar sesuai yang diharapkan 
 
Langkah 3 : Mengeluarkan detail blue print yang dikembangkan untuk menyajikan informasi yang lebih spesifik tentang rumah
Langkah 4 (finally) : Rumah dibangun mengikuti cetakan blueprints yang beberapa perubahannya telah disetujui oleh pemilik  

 Identifying Problems, Opportunities, and Objectives

Problem => Merupakan tahap penting yang mengharuskan SA mengetahuai apa yang terjadi dalam bisnis
Opportunities => Situasi atau peluang yang diyakini oleh SA agar dapat memperbaiki bisnis melalui penggunaan SI komputer. Peluang tersebut adalah meningkatkan keunggulan kompetitif dan standar industri
Objectives => SA harus mengetahui apa yang bisnis dapat lakukan.
Kegiatan pada tahap ini terdiri dari: wawancara manajemen user, menyimpulkan pengetahuan yang diperoleh, memperkirakan cakupan proyek, dan mendokumentasikan hasilnya 
 

Determining Human Information Requirements

What are the users’ physical strengths and limitations?
What needs to be done to make the system audible, legible, and safe?
How can the new system be designed to be easy to use, learn, and remember?
How can the system be made pleasing or even fun to use?
How can the system support a user’s individual work tasks and make them more productive in new ways?
  

Analyzing System Needs

Tahap ini SA melibatkan alat dan teknik khusus dalam membuat keputusan kebutuhan
DFD merupakan tools untuk memetakan input, proses, dan output dari fungsi bisnis
Activity and sequence diagram juga merupakan tools, yang digunakan untuk menampilkan urutan kejadian, menggambarkan sistem dalam bentuk grafis secara terstruktur
 
 

Designing the Recommended System

SA merancang prosedur bagi users untuk membantu mereka memasukkan data secara akurat sehingga data yang masuk ke SI benar
SA memberikan ke users cara efektif meng-input ke SI menggunakan teknik “good form and web page or screen design”
SA merancang interface untuk menghubungkan users dengan sistem
Interface dirancang dengan bantuan users untuk memastikan sistem audiable (mudah dijelaskan), legible (mudah dimengerti), dan safe (aman) serta menarik dan menyenangkan untuk digunakan 
  

Developing and Documenting Software

SA berkerja sama + programmer mengembangkan software asli yang dibutuhkan
SA berkerja sama + users untuk mengembangkan dokumetasi software yang efektif, seperti: prosedur manual (manual book), online help, website featuring FAQs (frequently asked questions), dan read me files
Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan dipecahkan bersama SA
Menjelaskan ke users cara mengoperasikan software dan tindakan yang dilakukan jika terjadi masalah  pada software
Programmer berperan penting dalam merancang, mengkode, dan menghapus kesalahan sintak dari program komputer 
 
 

Testing and Maintaining the System

Teknik menangkap masalah sebelum sistem didistribusikan ke users (public)
Kumpulan percobaan dalam menentukan masalah yang awalnya dijalankan menggunakan data sampel dan berakhir dengan menggunakan data aktual
Pengujian sistem terdiri dari dua, yaitu: bagian programmer, dan bagian SA bersama programmer
Rencana testing dirancang pada tahap awal SDLC dan disempurnakan pada saat project berjalan
Pemiliharaan dilakukan secara rutin selama IS beroperasi. Bisnis memerlukan biaya besar dalam merawat IS. Update program = pemeliharaan sistem    
 

Implementing & Evaluating the System

SA membantu mengimplentasikan SI
Vendor membuat pelatihan user untuk menangani sistem (tata cara dan peraturan dalam mengoperasikan sistem)
SA bertanggungjawab dalam pengawasan pelatihan user
SA bertanggungjawab dalam proses konversi dari sistem lama ke sistem baru (mengubah file dari format lama ke baru, membangun database, instalasi peralatan, dan memproduksi sistem baru)
Evaluasi digunakan untuk kepentingan diskusi
Evaluasi merupakan kunci dalam mengetahui apakah users benar menggunakan sistem atau berpaling dari sistem
  
anda bisa download materi di link di bawah ni
 
atau lihat video dan tonton disini

Komentar

Sering Dilihat

Program menentukan Lantai Gedung Pakai Password Menggunakan Bahasa C/C++

seperti judul di atas, kita akan menggunakan bahasa c/c++ dalam membuat program membuat password pada setiap gedung agar kita tau ada dimana kita berada, atau lebih tepatnya di mana posisi kita.   program ini cocok sekali untuk sebuah gedung perusahaan yang multifungsi dimana pengguna akan di serahkan password untuk di tempatkan di lantai berapa mereka nantinya.   berikut source code nya       outputnya seperti ini       jika anda ingin mendownload program beserta source   KLIK Download atau nonton video lewat youtube agar lebih jelas nya disini -> YOUTUBE         Terima kasih  dan jangan lupa salam olahraga dan selalu pakai masker aku cinta kalian dan boneka teddy bear ku

PROGRAM SEDERHANA MEMBUAT MENU MAKANAN MENGGUNAKAN SWITCH -CASE DAN DO -WHILE PADA PEMROGRAMAN C/C++

  program kali ini dibuat untuk programmer tingkat awam dimana program ini bisa dikembangkan lagi kalau kalian mau, oke tanpa basa basi ini source code nya     tampilan outputnya        jika tekan menu 1 akan muncul tampilan seperti ini    jika ditekan menu selain angka 1-5 makan akan muncul tampilan seperti ini jika ingin selesai tekan angka 0 oke demikian program kali ini kalau ingin mendownload source code dan program bisa download di link ==> DOWNLOAD atau bisa juga tonton video agar lebih jelas berikut link ==> TONTON   TERIMAKASIH    SALAM OLAHRAGA  

QUERY (Permintaan, Pertanyaan)

 DOWNLOAD MATERI : DOWNLOAD NONTON MATERI : NONTON   1. Query dalam Basisdata — Salah satu proses yg dilakukan dlm sebuah sistem basisdata adalah query, yi: suatu proses utk meminta (menanya) informasi dari basisdata dlm bentuk yg diinginkan oleh pemakai dgn cara yg diinginkannya. — Proses query melibatkan 3 (tiga) unsur utama data yg ada di dlm basisdata itu, yi: entitas , atribut , dan value (besaran atau nilai) dari atribut itu. — Ketiga hal tsb dinyatakan dgn simbol 2 sbb: E = entitas ( entiti ) A = atribut V = value (nilai atau harga) dari atribut. —   Dgn simbol 2 tsb, proses query dpt dirumuskan dgn cara: 1. A(E) = ?, Artinya, berapa nilai atribut A dari entitas E, atau apa isi atribut A dari entitas E. Mis: berapa IP mahasiswa dgn NIM 12345012 ? 2. A(?) = V, Artinya, entitas mana yg memp nilai V dari atribut A-nya? Atau, entitas mana yg atribut A-nya memp nilai V.   Mis : a. Tampilkan daftar mahasiswa dgn IP > 3.5 ...