Langsung ke konten utama

MATERI JARINGAN KOMPUTER WIFI BAGIAN 10

 DOWNLOAD MATERI

LINK : DOWNLOAD

ATAU NONTON VIDEO

LINK : TONTON

 

 Wireless / WIFI

 

 

Mengigat perkembangan informasi semakin pesat maka distribusi data tidak lagi menggunakan kabel sehingga kebutuhan akses ke jaringan berubah memakai media transmisi tanpa kabel.
Merupakan jaringan yang tidak menggunakan kabel dan memakai gelombang radio sebagai media transmisinya.
WLAN merupkan jaringan area lokal tanpa kabel dimana media transmisinya menggunakan frekuensi radio (RF) dan infrared (IR), untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area disekitarnya.
Sebagai contoh, pengguna mobile bisa menggunakan telepon seluler mereka untuk mengakses e-mail. Selain itu users dengan laptopnya bisa terhubung ke internet ketika mereka sedang di bandara, kafe, kereta api dan tempat publik lainnya.

 

Spesifikasi yang digunakan dalam WLAN adalah 802.11 dari IEEE dimana ini juga sering disebut dengan WiFi (Wireless Fidelity) standar yang berhubungan dengan kecepatan akses data.
Ada beberapa jenis spesifikasi  WLAN 802.11, antara lain:

 

Contoh lain komunikasi tanpa kabel:

  Walkie Talkie, Remote Control dan Ponsel

 

Komponen-Komponen Wireless

qAccess Point (AP)

  Alat yang digunakan untuk mentransmisikan data dan menggunakan kabel  terhubung ke jaringan.

  Fungsi AP adalah mengirim dan menerima data, sebagai buffer data antara WLAN dan WireLAN, mengkonversikan sinyal frekuensi radio menjadi digital yang disalurkan melalaui kabel / ke WLAN yang lain dengan mengkonversi ulang ke sinyal frekuensi radio.

  Satu komponen AP dapat melayani 30 user. Jika jumlah user semakin banyak maka kecepatan yang diperoleh akan semakin berkurang.

 

Dibawah ini adalah beberapa contoh produk dari Access Point

 

Extension Point

  Merupakan peralatan tambahan yang digunakan untuk memperluas cakupan jaringan. Alat ini berfungsi layaknya repeater untuk client yang berada di tempat lebih jauh dari tempat access point utama.

 

qAntena

  Merupakan alat untuk mentransformasikan sinyal radio yang merambat pada sebuah konduktor menjadi gelombang elektromagnetik yang merambat di udara.

  Ada beberapa tipe antena yang dapat mendukung implementasi WLAN, yaitu:

  1. Antena Omnidirectional

  Jenis antena yang memiliki pola pancaran sinyal ke segala arah dengan daya yang sama. Jenis ini dapat menghasilkan cakupan area yang luas dengan memfocuskan dayanya secara horizontal dan mengabaikan pola pemancaran ke atas dan bawah sehingga antena dapat diletakkan ditengah-tengah base station.

 

  2. Antena Directional

  Antena yang mempunyai pola pemancaran sinyal dengan satu arah tertentu. Jenis antena ini biasanya digunakan untuk menghubungkan antar gedung atau daerah yang mempunyai konfigurasi cakupan area kecil seperti lorong-lorong yang panjang.

 

WLAN Card

  Peralatan ini dapat berupa PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association), ISA card, USB card / Ethernet card.

  PCMCIA digunakan pada notebook sementara yang lainnya digunakan pada komputer desktop.

  Fungsi WLAN card ini sebagai interface antara sistem operasi jaringan client dengan format interface udara ke access point.

 

Kelebihan dan Kelemahan Wireless LAN

vKelebihan

  Mobilitas dan produktivitas tinggi => Memungkinkan client dapat mengakses informasi secara realtime sepanjang masih dalam jangkauan WLAN sehingga meningkatkan kualitas layanan dan produktivitas.

 

  Kemudahan dan kecepatan instalasi => karena infrastrukturnya tidak menggunakan kabel maka instalasi sangat mudah dan cepat dilaksanakan.

 

  Fleksibel => WLAN memungkinkan untuk membangun jaringan pada area yang sulit atau tidak mungkin dijangkau oleh kabel, sebagai contoh: kota-kota besar atau tempat tidak tersedia infrastruktur kabel.

  Menurunkan biaya kepemilikan => Hanya satu access point saja sudah bisa menjangkau seluruh area dan biaya perawatannya murah (mencakup satu stasiun sel).

 

vKelemahan

  Biaya peralatan mahal => seperti kita ketahui bahwa peralatan untuk AP masih memerlukan budget besar apabila kita ingin membangun konsep WLAN pada suatu area tertentu.

  Delay yang besar => munculnya masalah propagasi pada sinya frekuensi radio seperti terhalang, terpantul dan interferensi lainnya.

 

  Kapasitas jaringan menghadapi keterbatasan spektrum => pita frekuensi tidak dapat diperlebar tetapi dapat dimanfaatkan secara efisien dengan bantuan bermacam teknik salah satunya adalah teknik spread spectrum / DS - CDMA.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Sering Dilihat

Program menentukan Lantai Gedung Pakai Password Menggunakan Bahasa C/C++

seperti judul di atas, kita akan menggunakan bahasa c/c++ dalam membuat program membuat password pada setiap gedung agar kita tau ada dimana kita berada, atau lebih tepatnya di mana posisi kita.   program ini cocok sekali untuk sebuah gedung perusahaan yang multifungsi dimana pengguna akan di serahkan password untuk di tempatkan di lantai berapa mereka nantinya.   berikut source code nya       outputnya seperti ini       jika anda ingin mendownload program beserta source   KLIK Download atau nonton video lewat youtube agar lebih jelas nya disini -> YOUTUBE         Terima kasih  dan jangan lupa salam olahraga dan selalu pakai masker aku cinta kalian dan boneka teddy bear ku

PROGRAM SEDERHANA MEMBUAT MENU MAKANAN MENGGUNAKAN SWITCH -CASE DAN DO -WHILE PADA PEMROGRAMAN C/C++

  program kali ini dibuat untuk programmer tingkat awam dimana program ini bisa dikembangkan lagi kalau kalian mau, oke tanpa basa basi ini source code nya     tampilan outputnya        jika tekan menu 1 akan muncul tampilan seperti ini    jika ditekan menu selain angka 1-5 makan akan muncul tampilan seperti ini jika ingin selesai tekan angka 0 oke demikian program kali ini kalau ingin mendownload source code dan program bisa download di link ==> DOWNLOAD atau bisa juga tonton video agar lebih jelas berikut link ==> TONTON   TERIMAKASIH    SALAM OLAHRAGA  

QUERY (Permintaan, Pertanyaan)

 DOWNLOAD MATERI : DOWNLOAD NONTON MATERI : NONTON   1. Query dalam Basisdata — Salah satu proses yg dilakukan dlm sebuah sistem basisdata adalah query, yi: suatu proses utk meminta (menanya) informasi dari basisdata dlm bentuk yg diinginkan oleh pemakai dgn cara yg diinginkannya. — Proses query melibatkan 3 (tiga) unsur utama data yg ada di dlm basisdata itu, yi: entitas , atribut , dan value (besaran atau nilai) dari atribut itu. — Ketiga hal tsb dinyatakan dgn simbol 2 sbb: E = entitas ( entiti ) A = atribut V = value (nilai atau harga) dari atribut. —   Dgn simbol 2 tsb, proses query dpt dirumuskan dgn cara: 1. A(E) = ?, Artinya, berapa nilai atribut A dari entitas E, atau apa isi atribut A dari entitas E. Mis: berapa IP mahasiswa dgn NIM 12345012 ? 2. A(?) = V, Artinya, entitas mana yg memp nilai V dari atribut A-nya? Atau, entitas mana yg atribut A-nya memp nilai V.   Mis : a. Tampilkan daftar mahasiswa dgn IP > 3.5 ...