Langsung ke konten utama

MATERI JARINGAN KOMPUTER (TOPOLOGI JARINGAN) BAGIAN 3


 DOWNLOAD MATERI

LINK : DOWNLOAD

ATAU NONTON MATERI

LINK : TONTON

 

 

Topologi Jaringan adalah bentuk atau model yang menghubungkan beberapa komputer dalam suatu jaringan.
Topologi merupakan penggabungan antar komponen-komponen jaringan (server, client, hub/switch, kabel dan komponen lain).
Topologi : susunan aliran data di dalam jaringan yang secara fisik menghubungkan antar satu simpul dengan simpul lain.

 

  Topologi jaringan dilihat dari bentuk dan pelaksanaannya berbeda-beda, yaitu:

Topologi Bus

  Jenis topologi jaringan yang mana kabel terbentang linier (searah) kedua ujungnya ditutup, dan sepanjang kabel terhubung node-node / beberapa komputer.

  Komunikasi hanya dapat dilakukan oleh dua host meskipun yang terhubung lebih dari dua.

  Menggunakan kabel coaxial dan konektor BNC .

  Kecepatan transfer data antar komputer lambat karena harus bergantian menggunakan jalur.

 

Keuntungan:

  Biaya murah, karena tidak menggunakan banyak kabel. Kabel jenis ini sudah banyak tersedia di pasaran.

  Tiap komputer dapat saling terhubung langsung.

Kerugian:

  Mudah terjadi hang / cross talk ( apabila terdapat lebih dari sepasang host yang menggunakan jalur  pada waktu yang sama).

 

Topologi Ring

  Jenis topologi jaringan yang menghubungkan beberapa komputer membentuk sebuah lingkaran.

  komputer yang terhubung dalam jaringan akan terkoneksi pada dua komputer lain.

  Sinyal dapat mengalir dua arah sehingga dapat menghindari terjadinya tubrukan.

Keuntungan:

  Kegagalan koneksi jaringan dapat diatasi dengan jalur yang lain yang masih terhubung.

Kerugian:

  Apabila komputer yang terhubung banyak maka transfer dapat menjadi lambat.

 

 

Topologi  Star

  Jenis topologi jaringan yang dapat berkomunikasi langsung ke komputer lain melalui central host (hub/switch)

  Perangkat hub/switch berfungsi sebagai pengontrol dari semua komputer yang terhubung dalam jaringan.

  Data mengalir dari satu node ke pusat node (hub/switch) dan diteruskan ke node tujuan.

  Apabila salah satu kabel putus maka komunikasi atau jaringan pada komputer lain masih tetap berjalan.

 

Keuntungan:

  Akses ke komputer client / server berlangsung cepat.

  Dapat menerima host / PC baru selama port yang ada di hub/switch masih tersedia.

  User dapat berjumlah banyak dibanding topologi bus / topologi ring.

Kerugian:

  Ketika lalu lintas data tinggi maka akan terjadi tabrakan yang mengakibatkan komunikasi antar PC dalam jaringan tertunda dan koneksi terjadi secara random yang dapat terdeteksi (tidak ada jalur yang digunakan  PC lain)  menggunakan hub/switch.

 

Topologi Tree

  Jenis topologi jaringan yang memiliki kedudukan bertingkat yang bearti kondisi jaringan komputer sangat tergantung pada stasiun pada tingkat yang lebih tinggi.

  Topologi tree ini digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda.

 

 

Topologi Mesh

  Jenis topologi jaringan yang menerapkan hubungan antar sentral secara penuh.

  Tingkat kerumitan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.

  Kurang ekonomis dan juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

  Cocok digunakan untuk konsep jaringan wireless karena dapat dipastikan tidak ada kabel yang berseliweran.

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Sering Dilihat

Program menentukan Lantai Gedung Pakai Password Menggunakan Bahasa C/C++

seperti judul di atas, kita akan menggunakan bahasa c/c++ dalam membuat program membuat password pada setiap gedung agar kita tau ada dimana kita berada, atau lebih tepatnya di mana posisi kita.   program ini cocok sekali untuk sebuah gedung perusahaan yang multifungsi dimana pengguna akan di serahkan password untuk di tempatkan di lantai berapa mereka nantinya.   berikut source code nya       outputnya seperti ini       jika anda ingin mendownload program beserta source   KLIK Download atau nonton video lewat youtube agar lebih jelas nya disini -> YOUTUBE         Terima kasih  dan jangan lupa salam olahraga dan selalu pakai masker aku cinta kalian dan boneka teddy bear ku

PROGRAM SEDERHANA MEMBUAT MENU MAKANAN MENGGUNAKAN SWITCH -CASE DAN DO -WHILE PADA PEMROGRAMAN C/C++

  program kali ini dibuat untuk programmer tingkat awam dimana program ini bisa dikembangkan lagi kalau kalian mau, oke tanpa basa basi ini source code nya     tampilan outputnya        jika tekan menu 1 akan muncul tampilan seperti ini    jika ditekan menu selain angka 1-5 makan akan muncul tampilan seperti ini jika ingin selesai tekan angka 0 oke demikian program kali ini kalau ingin mendownload source code dan program bisa download di link ==> DOWNLOAD atau bisa juga tonton video agar lebih jelas berikut link ==> TONTON   TERIMAKASIH    SALAM OLAHRAGA  

QUERY (Permintaan, Pertanyaan)

 DOWNLOAD MATERI : DOWNLOAD NONTON MATERI : NONTON   1. Query dalam Basisdata — Salah satu proses yg dilakukan dlm sebuah sistem basisdata adalah query, yi: suatu proses utk meminta (menanya) informasi dari basisdata dlm bentuk yg diinginkan oleh pemakai dgn cara yg diinginkannya. — Proses query melibatkan 3 (tiga) unsur utama data yg ada di dlm basisdata itu, yi: entitas , atribut , dan value (besaran atau nilai) dari atribut itu. — Ketiga hal tsb dinyatakan dgn simbol 2 sbb: E = entitas ( entiti ) A = atribut V = value (nilai atau harga) dari atribut. —   Dgn simbol 2 tsb, proses query dpt dirumuskan dgn cara: 1. A(E) = ?, Artinya, berapa nilai atribut A dari entitas E, atau apa isi atribut A dari entitas E. Mis: berapa IP mahasiswa dgn NIM 12345012 ? 2. A(?) = V, Artinya, entitas mana yg memp nilai V dari atribut A-nya? Atau, entitas mana yg atribut A-nya memp nilai V.   Mis : a. Tampilkan daftar mahasiswa dgn IP > 3.5 ...