Langsung ke konten utama

MATERI JARINGAN KOMPUTER (PROTOKOL JARINGAN KOMPUTER ) BAGIAN 6

 DOWNLOAD MATERI

LINK : DOWNLOAD

ATAU TONTON VIDEO

LINK : TONTON 

 

 

Komunikasi dalam jaringan komputer memerlukan sebuah standar yang saling dimengerti antara satu mesin dengan mesin yang lain, dapat diibaratkan seperti bahasa manusia yang membuat mereka mampu berkomunikasi satu dengan yang lain.
Standar yang diperlukan itu dikenal sebagai Protocol. TCP/IP merupakan sekumpulan protocol yang mengatur komunikasi data antara komputer dalam satu jaringan. Ada dua protocol utama yang berperan penting yaitu TCP (transmission control protocol) dan IP (internet protocol).
Protocol-protocol lain yang terdapat juga dalam TCP/IP adalah SMTP (simple mail transport protocol) untuk pengiriman email, POP (post office protocol) dan IMAP (internet message access protocol) untuk mengambil email dari server, FTP (file transfer protocol)

 

HTTP (hypertext transfer protocol), NNTP (network news transport protocol) , IRC (internet relay chat) dan lain-lain.
Model TCP/IP terdiri dari empat layer yang terkonsep sebagai Departement of Defense (DOD) yang bertujuan membangun jaringan yang dapat bertahan di segala kondisi.
Keempat layer model TCP/IP tersebut, antara lain:

 

ØApplication Layer

  Merupakan layer yang berfungsi menangani high-level protocol, masalah reprentasi,  dan dialog control yang mengkomunikasikan antar aplikasi jaringan.

ØTransport Layer

  Merupakan layer penyedia untuk mengirim data yang berasal dari sumber ke tujuan dengan cara membuat logical connection antar kedua mesin. Selain itu layer ini berfungsi memecah data dan menggabungkannya kembali  ke dalam aliran data yang sama antar transmit dan receiver yang data-data tersebut berasal dari application layer.

 

ØInternet Layer

  Merupakan layer yang mengarahkan paket-paket dengan memilih rute terbaik yang akan mengalir dalam sebuah jaringan. Selain itu, layar ini berfungsi melakukan packet switching untuk mendukung tugas utamanya.

  Internet layer terdiri dari:

  a.  Internet Protocol (IP) => mengalamtkan dan meroute paket-paket.

  b. Internet Control Message Protocol (ICMP) => bertugas mengirimkan sinyal error ke IP apabila terjadi masalah.

  c.  Address Resolution Protocol (ARP) => menentukan alamat hardware pada host.

 

  d. Reverse Address Resolution Protocol (RARP) => menyediakan resolusi alamat kebalikan pada host yang menerima.

  e. Internet Group Management Protocol (IGMP) => menginformasikan router tentang ketersediaan anggota-anggota pada group multicast.

ØNetwork Access Layer

  Merupakan layer yang berfungsi mengatur semua hal-hal yang diperlukan sebuah IP packet agar dapat dikirimkan melalui sebuah medium fisik jaringan. Contoh protocol ini adalah standar protocol modem PPP dan SLIP sekaligus driver hardware yang diperlukan untuk mengenal sebuah perangkat jaringan.

 

Model OSI

  OSI merupakan model standar  yang menjadi acuan untuk komunikasi dalam jaringan. OSI adalah singkatan dari Open System Interconnection yang merupakan suatu model untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lain menggunakan komunikasi terbuka.

  OSI model terdiri atas tujuh layer yang masing-masing layer menggabarkan fungsi ketika transfer data antara dua aplikasi berlangsung dalam jaringan komputer.

  Ketujuh layer antara lain:

 

ØPhysical Layer

  Merupkan bagian dari OSI model yang bertugas mengirimkan dan menerima bit-bit dari satu komputer ke yang lain melalui media komunikasi. Bit-bit yang dikirimkan diantara komputer dalam jaringan tidak harus dimengerti oleh layer ini.

 

ØData-Link Layer

  Merupakan bagian yang bertugas mengatur aliran bit-bit data yang akan dikirimkan. Layer ini menerima paket data dan mengubah ke dalam bentuk frame-frame yang selanjutnya akan diteruskan ke network layer. Bagian ini juga memastikan agar tidak ada data yang rusak sebelum dikirim menggunakan teknik error checking.  

 

  Ada dua jenis data link layer, yaitu:

  1. Logical Link Layer (LLC)

  2. Media Access Control (MAC)

ØNetwork Layer

  Merupakan layer yang bertanggung jawab dalam menangani perpindahan paket-paket data antara dua peralatan yang terhubung secara komplek. Bagian ini juga bertugas dalam mengambil keputusan apakah sebuah paket data harus di-routing atau di-forwading hingga data tersebut menemukan alamat tujuan yang sebenarnya / dinginkan.

 

ØTransport Layer

  merupakan layer yang dapat memastikan apakah data yang terkirim bebas dari kesalahan (error), urutannya benar dan tidak ada yang hilang atau terduplikasi. Setip data yang dikirim ke komputer tujuan bagian ini akan mengirimakan acknowledgment (ACK).

ØSession Layer

  Merupakan layer yang mengizinkan suatu aplikasi dapat berjalan pada komputer yang berbeda.  Layer ini bertanggung jawab untuk melakukan sinkronisasi data dan checkpoint sehingga hanya dapat mengirim ulang data yang tidak sampai ke tujuan saja.

 

ØPresentation Layer

  Layer ini akan menerjemahkan format data yang diperlukan dan dimengerti oleh komputer. Bagian ini juga akan melakukan translation, compression, dan encryption untuk data yang diharapkan komputer.

ØApplication Layer

  Merupakan layer yang menyediakan layanan untuk pengguna akhir misalnya database, file transfer, dan email. Layer ini dapat dikatakan sebagai penghubung antara user dengan aplikasi yang dikenal sebagai user interface (antarmuka pengguna).

 

TCP (Transmission Control Protocol)

  Protocol utama yang digunakan bersama dengan IP untuk mengirimkan data dalam bentuk pesan antara komputer ke internet.  Pengiriman data terjadi karena TCP mempunyai dua proses data aknowledgement yaitu retransmisi dan suqencing.

  Setiap pengiriman data selesai TCP selalu meminta konfirmasi  apakah data telah sampai ditujuan atau tidak. Jika tidak maka ia akan melakukan retransmisision tetapi ketika data sampai ditujuan maka ia akan melanjutkan mengirimkan data berikutnya sesuai dengan nomor urut.

  Layanan yang terdapat pada TCP yaitu connection oriented, reliable, dan byte stream service.

 

  connection oriented : ketika dua aplikasi menggunakan TCP harus melakukan koneksi ke tujuan dalam bentuk pertukaran kontrol informasi sebelum transmisi terjadi agar dapat saling tukar data.

  Reliable  : TCP menerapkan proses deteksi kesalahan paket dan retransmisi.

  Byte stream service  : paket yang dikirimkan sampai ke tujuan secara berurutan.

Internet Protocol (IP)

  Salah satu protocol yang utama selain TCP yang bertugas membuat data dapat dikenal dan dikirim dari satu komputer ke komputer lain hingga sampai ditujuan dalam jaringan komputer.

 

IP mempunyai karakteristik yang disebut dengan connectionless protocol. Protocol ini tidak melakukan error-detection-and-recovery sebelum pertukaran informasi terjadi.

  IP memiliki lima fungsi utama yaitu:

  1. mendefinisikan paket yang merupakan unit dasar transmisi di internet.

  2. mendefinisikan skema pengalamatan internet.

  3. memindahkan data antara transport layer dan network access layer.

  4. melakukan routing paket.

  5. melakukan fragmentasi dan penyusunan ulang paket.

 

User Datagram Protocol (UDP)

  Merupakan protocol yang menyediakan layanan datagram tanpa koneksi sehingga menjamin pengiriman atau pengurutan paket-paket yang terkirim menjadi benar.

  Beberapa layanan yang dimiliki oleh UDP adalah DNS (domain name system), RIP (routing information protocol) dan SNMP (simple network management protocol).

Komentar

Sering Dilihat

Program menentukan Lantai Gedung Pakai Password Menggunakan Bahasa C/C++

seperti judul di atas, kita akan menggunakan bahasa c/c++ dalam membuat program membuat password pada setiap gedung agar kita tau ada dimana kita berada, atau lebih tepatnya di mana posisi kita.   program ini cocok sekali untuk sebuah gedung perusahaan yang multifungsi dimana pengguna akan di serahkan password untuk di tempatkan di lantai berapa mereka nantinya.   berikut source code nya       outputnya seperti ini       jika anda ingin mendownload program beserta source   KLIK Download atau nonton video lewat youtube agar lebih jelas nya disini -> YOUTUBE         Terima kasih  dan jangan lupa salam olahraga dan selalu pakai masker aku cinta kalian dan boneka teddy bear ku

PROGRAM SEDERHANA MEMBUAT MENU MAKANAN MENGGUNAKAN SWITCH -CASE DAN DO -WHILE PADA PEMROGRAMAN C/C++

  program kali ini dibuat untuk programmer tingkat awam dimana program ini bisa dikembangkan lagi kalau kalian mau, oke tanpa basa basi ini source code nya     tampilan outputnya        jika tekan menu 1 akan muncul tampilan seperti ini    jika ditekan menu selain angka 1-5 makan akan muncul tampilan seperti ini jika ingin selesai tekan angka 0 oke demikian program kali ini kalau ingin mendownload source code dan program bisa download di link ==> DOWNLOAD atau bisa juga tonton video agar lebih jelas berikut link ==> TONTON   TERIMAKASIH    SALAM OLAHRAGA  

QUERY (Permintaan, Pertanyaan)

 DOWNLOAD MATERI : DOWNLOAD NONTON MATERI : NONTON   1. Query dalam Basisdata — Salah satu proses yg dilakukan dlm sebuah sistem basisdata adalah query, yi: suatu proses utk meminta (menanya) informasi dari basisdata dlm bentuk yg diinginkan oleh pemakai dgn cara yg diinginkannya. — Proses query melibatkan 3 (tiga) unsur utama data yg ada di dlm basisdata itu, yi: entitas , atribut , dan value (besaran atau nilai) dari atribut itu. — Ketiga hal tsb dinyatakan dgn simbol 2 sbb: E = entitas ( entiti ) A = atribut V = value (nilai atau harga) dari atribut. —   Dgn simbol 2 tsb, proses query dpt dirumuskan dgn cara: 1. A(E) = ?, Artinya, berapa nilai atribut A dari entitas E, atau apa isi atribut A dari entitas E. Mis: berapa IP mahasiswa dgn NIM 12345012 ? 2. A(?) = V, Artinya, entitas mana yg memp nilai V dari atribut A-nya? Atau, entitas mana yg atribut A-nya memp nilai V.   Mis : a. Tampilkan daftar mahasiswa dgn IP > 3.5 ...