Langsung ke konten utama

MATERI JARINGAN KOMPUTER (KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER DAN PENGKABELAN) BAGIAN 5

 DOWNLOAD MATERI

LINK : KLIK DOWNLOAD

ATAU TONTON

LINK : TONTON


Komponen Jaringan

  Ketika kita ingin mengimplementasikan design jaringan komputer maka kita harus tahu peralatan-peralatan apa saja yang dibutuhkan supaya jaringan komputer yang dibangun berjalan dengan baik.

  Beberapa peralatan jaringan yaitu:

 

  Ethernet Card (Network Interface Card = NIC)

  Komponen yang harus terpasang dalam setiap PC agar dapat berkomunikasi dengan komputer/PC lain dalam jaringan komputer.

  Card ini menggunakan kabel coaxial, twisted pair dan mempunyai MAC address yang unik.

 

  Kecepatan transmisi ethernet cardnya berbeda-beda, ada 10BASE-T (10 Mbps), 100BASE-T (100 Mbps) dan 1000BASE-T (1 Gbps).

 

 

  HUB

  Komponen yang berfungsi sebagai penerima sinyal dari sebuah komputer, diteruskan ke komputer lain dalam jaringan (OSI layer 1).

  Hub dapat juga diartikan sebagai penyambung, concentrator dan penguat sinyal kabel UTP.

  Komponen ini tidak mengenal MAC address sehingga memungkinkan timbulnya collision (tabrakan) ketika mentransmisikan data.

  Hub merupakan multiport (4, 8, 16, 32, dll) yang menghubungkan antar komputer menggunakan kabel UTP yang ujung pangkalnya telah terpasang konektor RJ45.

  Hub memiliki dua fungsi yaitu aktif (penguat sinyal) dan pasif (pembagi/pemisah sinyal) pada jaringan komputer.

 

  Switch

  Komponen jaringan yang bekerja pada OSI layer 2 (data link layer) dan berfungsi hampir sama dengan hub.

  Komponen ini mengenal MAC address sehingga dapat memilah atau tidak data mana yang harus ditransmisikan.

  Switch memiliki port-port yang dapat menghubungkan antar komputer menggunakan kabel UTP yang ujung pangkalnya terpasang konektor RJ45.

  Switch menggunakan transmisi Full Duplex yaitu antara jalur receive dan transmit data terpisah.

  Kemungkinan terjadinya collision pada komponen ini ada tetapi sudah berkurang (minimal).

 

  Router

  Komponen jaringan komputer yang mampu melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain.

  Router dapat juga mengkomunikasikan antar komputer dalam dua atau lebih jaringan yang berbeda yang mana setiap jaringan memiliki sub network yang berbeda juga.

 

  Repeater

  Komponen jaringan komputer yang berfungsi untuk menguatkan sinyal.

  Cara kerja repeater yaitu memperkuat dalam menerima sinyal dari kabel LAN lalu memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama.

 

  Bridge

  Komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menjembatani dua jaringan yang mempunyai media komunikasi dan topologi yang berbeda.

  Contoh: ada dua jenis jaringan menggunakan dua media berbeda, kabel coaxial dan kabel fiber optic, kedua jaringan itu juga menggunakan topologi yang berbeda. Dalam kasus ini bridge berperan menggabungkan kedua jaringan tersebut.

  Bridge memiliki buffer yang cukup untuk menghadapi ketidaksesuaian kecepatan pengiriman dan penerimaan data.

 

  Modem (modulation demodulation)

  Komponen jaringan komputer yang digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya.

  Komponen ini juga berfungsi sebagai penghubung komputer dengan internet (dunia luar).

  Modem juga dapat menghubungkan dua atau lebih komputer menggunakan line telepon.

  Modem ada dua jenis yaitu:

  1. modem internal

  2. modem external

 

 

  Kabel

  Kabel merupakan media guided yang mentransmisikan data berdasarkan arah yang terhubung antar satu komputer ke yang lain.

 

  Komunikasi menggunakan media ini hanya dapat dilakukan pada jarak dekat (lokal) mengigat kemampuan kabel yang terbatas.

 

  Kegagalan yang terjadi pada jaringan hampir besar terjadi pada kesalahan kualitas kabel dan konektor serta instalasinya (pemasangan).

 

  Kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasi yang berbeda. Media yang sering digunakan dalam komunikasi ada tiga jenis, yaitu:

 

 

  Kabel Coaxial

  Merupakan jenis kabel yang dilindungi oleh dua tingkat isolasi yang mana pada tingkat pertama terdapat serabut konduktor yang berfungsi melindungi dari pengaruh elektromagnetik.

  Sedangkan, tingkat kedua (bagian inti) berfungsi untuk transfer data yang dilindungi oleh plastik agar terhindar dari goresan kabel.

  Kabel jenis ini mempunyai ukuran yang berbeda yang mana semakin besar ukuran kabel yang digunakan maka kapasitas penampungan data besar.

  Jarak yang dapat ditempuh oleh kabel ini jangkauanya jauh dan tidak begitu sensitif terhadap interfensi listrik.

 

  Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

  Jenis kabel yang sering digunakan dalam membangun jaringan komputer. Media ini juga digunakan untuk menghubungkan antar host dengan peralatan jaringan lain (hub/switch).

  Media ini mempunyai empat pasang kabel yang tiap pasang disusun berlilitan dan memiliki warna yang berbeda.

  Kabel UTP tidak dilengkapi dengan pelindung sehingga kurang tahan terhadap interfensi elektromagnetik.

  Jenis-jenis kabel UTP yang sering digunakan saat ini:

  1. Kabel UTP kategori 5

  2. Kabel UTP kategori 5e

  3. Kabel UTP kategori 6

 

  Kabel Fiber Optic (FO)

  Jenis kabel yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal (cahaya) dengan kecepatan tinggi. Dipandang dari segi harga kabel FO ini termasuk ke dalam harga mahal namun memiliki jangkauan transmisi data yang lebih jauh (ratusan km).

  Kualitas dari kabel FO ini sangat bagus karena tahan terhadap interfensi elektromagnetik.

  Ada dua macam kabel FO, yaitu:

  1. Single Mode (hanya dapat mengirim satu sinyal pada satu waktu)

  Dapat menjangkau ratusan kilometer.

  2. Multi Mode  (dapat mengirim lebih dari satu sinyal dan data pada saat bersamaan)

  Dapat menjangkau 500 meter atau kurang.

 

  Konektor

  Merupakan komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan kabel ke PC.

  Komponen ini terpasang di ujung kabel dan jenisnya harus disesuaikan dengan jenis kabel yang dipergunakan.

  Ada tiga macam jenis konektor, antara lain:

 

  1. Konektor BNC

  Merupakan konektor yang digunakan untuk tipe kabel coaxial.

 

 

  2. Konektor RJ45

  Merupakan konektor yang digunakan untuk tipe kabel UTP (unshielded twisted pair).

  3. Konektor ST

  Merupakan konektor yang digunakan untuk tipe kabel fiber optic.

  jenis konektor ini dapat digunakan untuk single mode ataupun   multi mode.

 

  Crimping Tools

  Merupakan peralatan yang sangat penting untuk menghubungkan kabel UTP dengan konektor RJ45. Alat ini berfungsi mengeratkan kabel-kabel kecil yang terdapat dalam kabel UTP agar tidak keluar dari konektor RJ45 sehingga transmisi data berjalan dengan baik.

  Cable Tester

  Merupakan komponen yang digunakan untuk mengecek/memeriksa apakah kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ45 sudah benar atau tidak. Hal ini penting agar menghindari ketidakefisienan terjadi ketika terkoneksi ke PC/switch atau mentransmisikan data.

 

Pengkabelan

  Teknik pengkabelan harus dipahami apabila kita ingin mengkoneksikan beberapa komputer ke switch/hub atau PC ke PC ke dalam satu jaringan.  Teknik pengkabelan yang akan dipelajari menggunakan kabel UTP.

  Teknik pengkabelan UTP memiliki dua tipe yaitu, Straight Through dan Crossover.

 

  Pengkabelan Straight Through

  Teknik pengkabelan ini akan menghubungkan antara PC dengan perangkat Hub atau Switch. Perangkat hub/switch disini berfungsi sebagai konsentrator atau repeater.

 

 

  Pengkabelan dengan cara ini akan membentuk jaringan komputer seperti bintang (star) atau pohon (tree).

  Pengkabelan tipe ini akan mengurutkan beberapa kabel-kabel kecil yang ada dalam kabel UTP sesuai dengan urutan yang telah ditentukan dan antara ujung kabel harus terurut sama.`

 

  Pengkabelan Crossover

  Teknik pengkabelan yang bertujuan untuk menghubungkan antar PC ke PC lain  atau menghubungkan antar Hub dengan Hub (komunikasi langsung).

  Teknik pengkabelan crossover memiliki urutan warna yang pada ujung kabel satu dengan ujung kabel lain tidak sama (berbeda).

 


Komentar

Sering Dilihat

Program menentukan Lantai Gedung Pakai Password Menggunakan Bahasa C/C++

seperti judul di atas, kita akan menggunakan bahasa c/c++ dalam membuat program membuat password pada setiap gedung agar kita tau ada dimana kita berada, atau lebih tepatnya di mana posisi kita.   program ini cocok sekali untuk sebuah gedung perusahaan yang multifungsi dimana pengguna akan di serahkan password untuk di tempatkan di lantai berapa mereka nantinya.   berikut source code nya       outputnya seperti ini       jika anda ingin mendownload program beserta source   KLIK Download atau nonton video lewat youtube agar lebih jelas nya disini -> YOUTUBE         Terima kasih  dan jangan lupa salam olahraga dan selalu pakai masker aku cinta kalian dan boneka teddy bear ku

PROGRAM SEDERHANA MEMBUAT MENU MAKANAN MENGGUNAKAN SWITCH -CASE DAN DO -WHILE PADA PEMROGRAMAN C/C++

  program kali ini dibuat untuk programmer tingkat awam dimana program ini bisa dikembangkan lagi kalau kalian mau, oke tanpa basa basi ini source code nya     tampilan outputnya        jika tekan menu 1 akan muncul tampilan seperti ini    jika ditekan menu selain angka 1-5 makan akan muncul tampilan seperti ini jika ingin selesai tekan angka 0 oke demikian program kali ini kalau ingin mendownload source code dan program bisa download di link ==> DOWNLOAD atau bisa juga tonton video agar lebih jelas berikut link ==> TONTON   TERIMAKASIH    SALAM OLAHRAGA  

QUERY (Permintaan, Pertanyaan)

 DOWNLOAD MATERI : DOWNLOAD NONTON MATERI : NONTON   1. Query dalam Basisdata — Salah satu proses yg dilakukan dlm sebuah sistem basisdata adalah query, yi: suatu proses utk meminta (menanya) informasi dari basisdata dlm bentuk yg diinginkan oleh pemakai dgn cara yg diinginkannya. — Proses query melibatkan 3 (tiga) unsur utama data yg ada di dlm basisdata itu, yi: entitas , atribut , dan value (besaran atau nilai) dari atribut itu. — Ketiga hal tsb dinyatakan dgn simbol 2 sbb: E = entitas ( entiti ) A = atribut V = value (nilai atau harga) dari atribut. —   Dgn simbol 2 tsb, proses query dpt dirumuskan dgn cara: 1. A(E) = ?, Artinya, berapa nilai atribut A dari entitas E, atau apa isi atribut A dari entitas E. Mis: berapa IP mahasiswa dgn NIM 12345012 ? 2. A(?) = V, Artinya, entitas mana yg memp nilai V dari atribut A-nya? Atau, entitas mana yg atribut A-nya memp nilai V.   Mis : a. Tampilkan daftar mahasiswa dgn IP > 3.5 ...