Langsung ke konten utama

MATERI JARINGAN KOMPUTER BAGIAN 2

 DOWNLOAD LINK

LINK :KLIK DOWNLOAD

ATAU NONTON VIDEO

KLIIK LINK : TONTON


Network dapat diartikan sebagai kumpulan koneksi serial yang digunakan untuk mengkomunikasikan terminal client (dumb terminal) ke komputer mainframe (server)
Dalam jaringan komputer selain jaringan, terdapat juga jaringan utama lainnya yaitu: voice telephone network dan cable TV network, berfungsi untuk menyebarkan sinyal
Ketiga jaringan di atas memiliki kesamaan bahwa dirancang untuk menangani satu dari jenis data tertentu (keystrokes, voice, atau video) dan ..............

 

  biasanya terkoneksi ke perangkat yang telah didesain khusus (terminals, hand receivers, dan television, dll)

Jaringan komputer dibangun untuk tujuan dapat memprogram hardware, tidak untuk mengoptimalkan aplikasi tertentu
Jaringan komputer dirancang untuk dapat membawa berbagai jenis data dengan dukungan jangkauan yang luas dan berbagai aplikasi
Dalam membangun jaringan, pemahaman penting lainnya yang harus diketahui adalah ....

 

  bagaimana jaringan beroperasi atau dikelola dan bagaimana mengembangkan aplikasi-aplikasi dalam jaringan

Untuk membangun suatu jaringan, terdapat tiga aspek (sudut pandang) yang harus dipertimbangkan / diperhatikan: builders, operators, dan application developers

 

  Business Applications

§(1. Resource Sharing)

  Tujuannya adalah membuat seluruh program, peralatan, dan terutama data tersedia untuk siapapun dalam jaringan tanpa mengetahui lokasi fisik sumber daya atau user.

ØVPNs (virtual private networks)

  Digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan individu (users) pada lokasi yang berbeda menjadi jaringan yang besar (extended network)

 

ØServers

  Penyimpanan data yang terletak pada komputer yang berspesifikasi tinggi (kuat). Sebagai contoh, sistem informasi milik perusahaan yang terdiri dari satu atau lebih database yang berisikan informasi perusahaan dan beberapa jumlah pegawai yang perlu untuk mengaksesnya secara remote.

  Server merupakan tempat penyimpanan terpusat dan dikelola oleh administrator.

ØClients

  Merupakan pegawai atau pekerja dari suatu 

  perusahaan, yang di meja mereka terdapat terminal untuk digunakan me-remote data. Contoh: mengikutsertakan spreadsheet / word processing dalam job yang sedang dikerjakan.

  Intinya adalah mesin client dan server terhubung ke dalam suatu jaringan.

 

 

ØWeb Application 

  Server yang menghasilkan tampilan web (dokumen) sesuai yang tersimpan di database dalam merespon permintaan client

 

§(2. Communication Medium)
Øe-mail (electronic mail)

  media komunikasi yang digunakan oleh pegawai untuk komunikasi setiap hari

ØIP Telephony or Voice over IP (VoIP)

  Teknologi internet untuk melakukan calls sebagai pengganti teknologi telepon perusahaan

ØDesktop Sharing

  Memungkinkan pekerja melihat dan berinteraksi dari jarak jauh dengan bantuan layar komputer grafis

 

 

§(3. e-Commerce)

  Aplikasi yang digunakan untuk melakukan bisnis secara elektronik, khususnya dengan pelanggan dan pemasok.

  Sebagai contoh: tiket pesawat, toko buku, dan toko-toko lain yang dapat ditemukan dan banyak disukai oleh customers karena kenyamanan berbelanja yang dapat dilakukan dari rumah.

 

 

  Home Applications

§Connectivity

  Akses internet memberikan home users konektivitas agar dapat terhubung ke komputer luar (target). Seperti perusahaan, home users dapat mengakses informasi, berkomunikasi dengan orang lain, dan membeli produk dan jasa melalui e-commerce.

§Peer-to-Peer (P2P)

  Model yang populer untuk mengakses informasi. Tiap individu bergabung membentuk kelompok kecil yang dapat berkomunikasi ........ 

 

 

  dengan individu lainnya dalam suatu group.

§Instant Messaging

  Fasilitas yang mengijinkan dua orang 

  meng-input pesan untuk saling bertukar secara online. Selain itu, ada juga layanan pesan yang dapat digunakan banyak orang, seperti twitter.

ØTwitter

  Service yang digunakan untuk mengijinkan orang mengirimkan pesan singkat yang disebut “tweets” ke group temennya dan orang lain yang bersedia membacanya

§Social Network

  Aplikasi yang mengkomunikasikan antara user ke user dan mengakses informasi. Contoh yang sangat populer adalah facebook.

   

§IPTV (IP TeleVision)

  Aplikasi yang digunakan untuk menonton TV shows yang dapat menjangkau rumah. Sistem dirancang berdasarkan teknologi IP (media streaming) sebagai pengganti TV cable dan transmisi radio.

§Ubiquitos computing

  Perangkat digital yang smart. Banyak rumah menggunakan kabel dalam mengaplikasikan sistem keamanan termasuk sensor pintu dan jendela, dan ada banyak lagi sensor yang dapat diintegrasikan dalam monitor rumah pintar.

 

  Contoh: konsumsi energi. Listrik, gas, meteran air, dapat dimonitor penggunaannya melalui jaringan.

§Power Line Network

  Digunakan untuk mengirim informasi keseluruh bagian rumah melalui kabel yang terdapat listrik di dalamnya.

§RFID (Radio Frequency Identification)

  Teknologi chip yang berukuran kecil dan ditempatkan ke buku, paspor, hewan peliharaan, kartu kredit, dan item lainnya dalam rumah atau diluar.

 

  Mobile Users

§Koneksi Internet

  Tekonologi ini hadir dalam perangkat mobile digunakan oleh orang untuk membaca dan mengirim e-mail, tweet, menonton film, men-download musik, bermain game atau hanya sekedar browsing di web untuk mencari informasi. Intinya, dapat melakukan segala aktivitas baik di rumah maupun di kantor.

§Wireless Hotspots

  Merupakan jenis lain dari wireless network untuk komputer mobile. Perangkat ini dapat

  ditemukan di lokasi yang ramai dikunjungi orang, menghasilkan sinyal yang cakupannya terbatas seperti di cafe, hotel, bandara, sekolah, kereta api dan pesawat.

§Aplikasi Wireless

 

ØText messaging or texting

  mengijinkan pengguna mobile mengetik pesan singkat yang kemudian dikirimkan via jaringan celular ke pengguna mobile lainnya.

ØShort Messaging Service

  merupakan service yang digunakan untuk mengirimkan pesan singkat yang telah diketik oleh pengguna mobile. Pengiriman pesan ini sangat terjangkau (efisien) dari segi cost/biaya.

Ø3G dan 4G

  Jaringan celular yang dapat menyediakan layanan data cepat dalam memanfaatkan

 

  teknologi internet dan penanganan panggilan telepon.

ØGPS

  Perangkat yang digunakan untuk melacak / mendeteksi keberadaan pengguna mobile (live). Ini merupakan gagasan baik karena memiliki moto “dimana user berada” dan “apa yang sedang dilakukannya”

ØM-Commerce

  Aplikasi yang digunakan untuk pembelian online makanan, tiket film, dan barang-barang kecil lainnya. Pembayaran dapat dilakukan 

  menggunakan kartu kredit dan transfer. Sms berperan sebagai otorisasi bahwa pembayaran telah berhasil diproses.

ØSensor Networks

  Perangkat yang digunakan untuk mengumpulkan informasi-informasi berkaitan dengan lingkungan sekitar. contoh: ponsel atau mobil. Untuk mobil, dapat mengumpulkan data tentang lokasi, kecepatan, getaran, dan efisiensi bahan bakar dari sistem diagnostik yang on-board dan meng-upload informasi ke database.

 

ØWearable Computers

  Merupakan perangkat serba guna yang di dalamnya terdapat aplikasi pintar. Contoh: smart watch with radios, atau alat pacu jantung dan pompa insulin. Perangkat ini dapat dikendalikan melalui jaringan nirkabel.

 

  Social Issues

ØPolitik dan Agama

  Kedua topik ini sering kali mendapat perhatian penuh oleh banyak orang. Saat ini orang dapat beropini tidak sebatas text saja, namun dapat disertakan dengan gambar atau via video. Lainnya, orang dapat menggunakan pandagan hidupnya untuk mempengaruhi orang lain, seperti memposting bahan berkaitan dengan agama, atau hal-hal yang kotor.

ØNetwork Operators

  Operator jaringan harus bertanggung jawab

  terhadap informasi yang mereka sampaikan, seperti surat kabar dan majalah. Tekadang jaringan operator terlalu berlebih dalam memberikan informasi ke publik yang pada faktanya tidak begitu.

ØPembajakan musik dan film

  Banyak pihak yang menyalahgunakan jaringan komputer untuk memposting musik atau film yang bukan hasil karyanya sendiri. Menggunakan model peer-to-peer jaringan, semua orang dapat mendownload lagu/film karya orang lain tanpa meminta izin ybs.

 

ØPenyalahgunaan Jaringan Komputer

  Dengan menggunakan jaringan komputer seseorang dapat masuk ke jaringan lain untuk mengintip lalu lintas data. Banyak orang membaca dan menulis email di tempat kerja. Mereka menginginkan kegiatan tersebut harus ada filterisasi, termasuk pesan yang dikirim dari komputer rumah diluar jam kerja. Tapi, tidak semua karyawan setuju dengan teknik filterisasi ini.

 


Komentar

Sering Dilihat

Program menentukan Lantai Gedung Pakai Password Menggunakan Bahasa C/C++

seperti judul di atas, kita akan menggunakan bahasa c/c++ dalam membuat program membuat password pada setiap gedung agar kita tau ada dimana kita berada, atau lebih tepatnya di mana posisi kita.   program ini cocok sekali untuk sebuah gedung perusahaan yang multifungsi dimana pengguna akan di serahkan password untuk di tempatkan di lantai berapa mereka nantinya.   berikut source code nya       outputnya seperti ini       jika anda ingin mendownload program beserta source   KLIK Download atau nonton video lewat youtube agar lebih jelas nya disini -> YOUTUBE         Terima kasih  dan jangan lupa salam olahraga dan selalu pakai masker aku cinta kalian dan boneka teddy bear ku

PROGRAM SEDERHANA MEMBUAT MENU MAKANAN MENGGUNAKAN SWITCH -CASE DAN DO -WHILE PADA PEMROGRAMAN C/C++

  program kali ini dibuat untuk programmer tingkat awam dimana program ini bisa dikembangkan lagi kalau kalian mau, oke tanpa basa basi ini source code nya     tampilan outputnya        jika tekan menu 1 akan muncul tampilan seperti ini    jika ditekan menu selain angka 1-5 makan akan muncul tampilan seperti ini jika ingin selesai tekan angka 0 oke demikian program kali ini kalau ingin mendownload source code dan program bisa download di link ==> DOWNLOAD atau bisa juga tonton video agar lebih jelas berikut link ==> TONTON   TERIMAKASIH    SALAM OLAHRAGA  

QUERY (Permintaan, Pertanyaan)

 DOWNLOAD MATERI : DOWNLOAD NONTON MATERI : NONTON   1. Query dalam Basisdata — Salah satu proses yg dilakukan dlm sebuah sistem basisdata adalah query, yi: suatu proses utk meminta (menanya) informasi dari basisdata dlm bentuk yg diinginkan oleh pemakai dgn cara yg diinginkannya. — Proses query melibatkan 3 (tiga) unsur utama data yg ada di dlm basisdata itu, yi: entitas , atribut , dan value (besaran atau nilai) dari atribut itu. — Ketiga hal tsb dinyatakan dgn simbol 2 sbb: E = entitas ( entiti ) A = atribut V = value (nilai atau harga) dari atribut. —   Dgn simbol 2 tsb, proses query dpt dirumuskan dgn cara: 1. A(E) = ?, Artinya, berapa nilai atribut A dari entitas E, atau apa isi atribut A dari entitas E. Mis: berapa IP mahasiswa dgn NIM 12345012 ? 2. A(?) = V, Artinya, entitas mana yg memp nilai V dari atribut A-nya? Atau, entitas mana yg atribut A-nya memp nilai V.   Mis : a. Tampilkan daftar mahasiswa dgn IP > 3.5 ...