Langsung ke konten utama

MATERI JARINGAN KOMPUTER BAGIAN 1

 DOWNLOAD LINK

LINK : DOWNLOAD

ATAU NONTON VIDEO

LINK : TONTON



Definisi Jaringan Komputer

Sekumpulan komputer yang dihubungkan menggunakan media kabel (wired) / non kabel (wireless) untuk keperluan sharing data / file atau komunikasi data.
Dua atau lebih komputer yang saling terhubung sehingga dapat membagi data dan sumber-sumber peralatan lain.

Menggabungkan komputer-komputer antar satu dengan yang lain dalam satu group atau lain agar dapat berkomunikasi.

 

TIPE JARINGAN

Peer to Peer

  Jenis jaringan yang mana tiap PC dapat menggunakan resource pada lain. Pada jaringan ini tidak ada PC yang bertindak sebagai server atau client melainkan mempunyai kedudukan yang sama.

Client Server

  Jenis jaringan yang menggunakan server sebagai pengelola resources ke komputer-komputer client. Server juga bertindak mangatur mekanisme akses ke sumber daya yang boleh digunakan.

Hybrid

  Jenis jaringan yang mana user dapat mengakses sumber daya yang di-share oleh jaringan peer dan juga mampu mengakses sumber daya yang disediakan oleh jaringan server.

 

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN TIPE JARINGAN

Peer to Peer

  Keuntungan:

  Semua komputer yang terhubung memiliki kedudukan yang sama.

  Biaya murah, karen tidak memerlukan komputer server.

  Kelancaran jaringan tidak terganggu pada komputer server.

 

  Kerugian:

  Troubleshooting jadi rumit, karena tipe jaringan ini memungkinkan setiap komputer terlibat dalam komunikasi yang ada.

  Sistem keamanan komputer ditentukan oleh masing-masing pengguna.

  Backup data susah karena data tersebar pada masing-masing komputer.

 

 

Client/Server

  Keuntungan:

  Memiliki seorang administrator yang bertugas mengelola sistem keaman dan administrasi dalam jaringan.

  Berfungsi sebagai central (pusat) data.

  Pengaksesan data lebih tinggi karena fasilitas dan penyediaan dilakukan komputer server.

  Backup data lebih mudah karena dapat dilakukan terpusat.

  Kerugian:

  Butuh biaya mahal, karena memerlukan sebuah komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi/bagus.

  Kelancaran jaringan tergantung pada komputer server.

 

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

Perusahaan/Organisasi

  Resource sharing : seluruh program, peralatan dan data dapat digunakan oleh user yang ada di jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.

  Reliabilitas Tinggi : adanya sumber-sumber alternatif apabila terjadi masalah pada salah satu perangkat yang ada dalam jaringan.

  Skalabilitas : kemampuan meningkatkan kinerja pada komputer server/client dengan menambahkan komponen-komponen tanpa menggangu kinerja komputer tersebut.

  Media Komunikasi : merupakan salah satu cara menghubungkan beberapa orang yang kerja namun tidak berada dalam satu tempat untuk bertukar data / komunikasi.

 

Jaringan Untuk Umum

  Access ke informasi luas : dapat mengakses serta mendapatkan informasi dari jarak jauh.

  Komunikasi orang-ke-orang : sebagai alat yang digunakan untuk berkomunikasi dari satu orang ke orang lain.

  Hiburan Interaktif

 

KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER

LAN (Local Area Network)

 

  Merupakan jaringan komputer yang mencakup area lokal, seperti: rumah, kantor/group, pabrik atau kampus untuk memakai bersama resource (misal: printer, scanner) dan saling bertukar informasi.

  Ukuran atau jarak untuk menerapkan jaringan komputer LAN hanya beberapa kilometer (ukuran terbatas).

  LAN menggunakan teknologi berdasarkan IEEE 802.3 Ethernet atau dengan wifi dan kebanyakan berjalan pada kecepatan 10, 100 atau 1000 Mbps.

 

 

MAN (Metropolitan Area Network)

 

  Merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.

  Cakupan MAN lebih luas dari LAN yaitu kantor-kantor perusahaan yang berdekatan.

  Mampu menunjang data dan suara dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

  MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kebel dan tidak mempunyai elemen switching (mengatur paket melalui beberapa kabel).  

 

WAN (Wide Area Network)

 

  Jaringan yang menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optik karena jangkauan yang luas dan meliputi nagara atau benua.

  Terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program aplikasi.

  Mesin-mesin tersebut disebut host yang terhubung ke dalam subnet komunikasi. Subnet terdiri dari dua yaitu kabel transmisi dan elemen switching yang bertujuan membawa informasi dari satu host ke host lain.

  Kabel transmisi : sirkuit/channel yang memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin lain.

  Elemen switching : kabel khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih.

 

Internet

 

  Sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung satu sama lain melalui beberapa media (kabel, radio, satelit, dll). Komputer-komputer yang terhubung ini letaknya berbeda-beda di seluruh dunia sehingga membentuk suatu jaringan informasi global.

  sekumpulan komputer yang terhubung satu dengan lain menggunakan suatu protocol yang disebut TCP/IP (transfer control protocol / internet protocol).

  TCP/IP merupakan bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer yang terhubung ke internet. Tanpa TCP/IP komputer tidak akan mampu berkomunikasi dengan komputer lain di internet.

 

 

 APA ITU INTERNET ?

Sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan yang bertujuan menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Jaringan global yang menghubungkan suatu jaringan (network) dengan jaringan lainnya di seluruh dunia menggunakan beberapa media, yaitu: kabel, kanal satelit maupun frekuensi radiio.

 

Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat, karena menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan media lain. Keunggulan tersebut, antara lain:
Komunikasi Murah
Sumber Informasi Besar
Tantangan baru untuk berusaha
Ketebukaan
Jangkauan yang tidak terbatas


SEJARAH INTERNET

  Internet pertama kali dikembangkan oleh Departemen Pertahanan US yang dikenal dengan nama ARPAnet sekitar tahun 1969.

  ARPAnet dibangun dengan tujuan membuat jaringan informasi yang tersebar untuk menghidari pemusatan data pada satu titik yang dianggap rawan apabila terjadi peperangan.

  ARPAnet pada awal tahun 1980an terpecah menjadi dua jaringan yaitu: ARPANET dan Milnet.

  Awalnya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tetapi lama kelamaan berubah menjadi Internet.

  ARPAnet dibubarkan pada bulan Maret 1990 setelah ditemukan NSFNET (National Science Foundation Network)

  NSFNET ini menghubungkan para periset di seluruh dunia dengan menggunakan 5 super komputer terpusat.

 
 
PENGGUNAAN INTERNET

  Internet pada mulanya digunakan untuk kepentingan militer. Setelah DARPA hadir, kepentingan internet diperluas untuk akademis. Ini terbukti dengan terhubungnya beberapa perguruan tinggi pada saat itu seperti: UCLA, University of California di Santa Barbara, University of Utah dan Stanford Research Institute.

  Penggunaan internet selanjutnya diperluas hingga ke sarana komputer pribadi (PC) dengan hadirnya layanan Usenet dan Biznet.

  Protokol standar TCP/IP diperkenalkan pada tahun 1982 kemudian disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Server) pada tahun 1984.   

  


KEUNTUNGAN INTERNET

  Dapat menghubungkan jutaan komputer yang tersebar di seluruh dunia.

  Informasi yang didapat lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan yang luas.

  digunakan untuk semua platform.

  dapat mengakses informasi dimanapun dan kapanpun.

KERUGIAN INTERNET

  Penipuan dan pencurian/perusakan informasi yang berharga.

  Pemasaran produk yang illegal

  Pornografi

 
Pertumbuhan Teknologi Internet

  Internet mempunyai pertumbuhan yang sangat baik dan sangat pesat saat ini. Dari data statistik yang didapat, adalah sebagai berikut:

3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994
Populasi 30 juta pengguna (1995)
Pertumbuhan 10 % tiap bulan
100 juta pengguna pada tahun 1998, diperkirakan tahun 2010 semua orang akan terhubung ke Internet
Email mendominasi 75% hubungan bisnis


APLIKASI INTERNET

  WWW (World Wide World)

  Sebuah sistem dimana informasi yang dihadirkan dalam bentuk teks, suara, gambar dan lain-lain yang tersimpan dalam internal web-server dipresentasikan dalam bentuk Hypertext.

  Web menggunakan protokol yang disebut HTTP (HyperText Transfer Protokol) yang berjalan pada TCP/IP (Transport Control Protocol/Internet Protocol).

  Dokumen web ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language).

  web dapat diakses dengan menginput URL (Uniform Resource Locator) pada browser.

 
 
 

  EMAIL

  Memungkinkan user lokal dan global saling bertukar informasi/pesan.

  Pengguna email memiliki sebauh mailbox yang tersimpan dalam mailserver.

  Sebuah mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan.

 

  FILE TRANSFER

  Aplikasi yang digunakan untuk melakukan upload dan download sebuah file antara komputer local dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet.

  


  Menggunakan protokol standar yang disebut sebagai FTP (File Transfer Protokol).

  REMOTE LOGIN

  Merupakan aplikasi yang menyediakan fungsi bagi user untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan internet.

  digunakan untuk pemeliharaan host dari jarak jauh.

  Protokol yang digunakan adalah telnet (telecommunication network).

  IRC (Internet Relay Chat)

  Aplikasi yang digunakan untuk melakukan percakapan/komunikasi   dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif.

  Kegiatan ini disebuat Chatting dan pelakunya disebut Chatter.  Aplikasi ini bisa digunakan untuk berkomunikasi kelompok (chat room) atau berdua saja (private).

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Sering Dilihat

Program menentukan Lantai Gedung Pakai Password Menggunakan Bahasa C/C++

seperti judul di atas, kita akan menggunakan bahasa c/c++ dalam membuat program membuat password pada setiap gedung agar kita tau ada dimana kita berada, atau lebih tepatnya di mana posisi kita.   program ini cocok sekali untuk sebuah gedung perusahaan yang multifungsi dimana pengguna akan di serahkan password untuk di tempatkan di lantai berapa mereka nantinya.   berikut source code nya       outputnya seperti ini       jika anda ingin mendownload program beserta source   KLIK Download atau nonton video lewat youtube agar lebih jelas nya disini -> YOUTUBE         Terima kasih  dan jangan lupa salam olahraga dan selalu pakai masker aku cinta kalian dan boneka teddy bear ku

PROGRAM SEDERHANA MEMBUAT MENU MAKANAN MENGGUNAKAN SWITCH -CASE DAN DO -WHILE PADA PEMROGRAMAN C/C++

  program kali ini dibuat untuk programmer tingkat awam dimana program ini bisa dikembangkan lagi kalau kalian mau, oke tanpa basa basi ini source code nya     tampilan outputnya        jika tekan menu 1 akan muncul tampilan seperti ini    jika ditekan menu selain angka 1-5 makan akan muncul tampilan seperti ini jika ingin selesai tekan angka 0 oke demikian program kali ini kalau ingin mendownload source code dan program bisa download di link ==> DOWNLOAD atau bisa juga tonton video agar lebih jelas berikut link ==> TONTON   TERIMAKASIH    SALAM OLAHRAGA  

QUERY (Permintaan, Pertanyaan)

 DOWNLOAD MATERI : DOWNLOAD NONTON MATERI : NONTON   1. Query dalam Basisdata — Salah satu proses yg dilakukan dlm sebuah sistem basisdata adalah query, yi: suatu proses utk meminta (menanya) informasi dari basisdata dlm bentuk yg diinginkan oleh pemakai dgn cara yg diinginkannya. — Proses query melibatkan 3 (tiga) unsur utama data yg ada di dlm basisdata itu, yi: entitas , atribut , dan value (besaran atau nilai) dari atribut itu. — Ketiga hal tsb dinyatakan dgn simbol 2 sbb: E = entitas ( entiti ) A = atribut V = value (nilai atau harga) dari atribut. —   Dgn simbol 2 tsb, proses query dpt dirumuskan dgn cara: 1. A(E) = ?, Artinya, berapa nilai atribut A dari entitas E, atau apa isi atribut A dari entitas E. Mis: berapa IP mahasiswa dgn NIM 12345012 ? 2. A(?) = V, Artinya, entitas mana yg memp nilai V dari atribut A-nya? Atau, entitas mana yg atribut A-nya memp nilai V.   Mis : a. Tampilkan daftar mahasiswa dgn IP > 3.5 ...