Langsung ke konten utama

MATERI HISTOGRAM PADA PENGOLAHAN CITRA

 DOWNLOAD FILE : DOWNLOAD 

ATAU NONTON : NONTON  


Histogram citra adalah grafik yang menggambarkan penyebaran nilai-nilai intensitas pixel dari dari suatu citra atau bagian tertentu di dalam citra.

Dari histogram dapat diketahui frekuensi kemunculan nisbi dari intensitas pada citra tersebut, menunjukkan kecerahan dan kontras dari sebuah gambar.

 

Secara matematis histogram citra di hitung dengan rumus:

hi = ni /n        , i=0,1,2,…….,L-1

Keterangan:

ni = jumlah pixel yang memiliki derajat keabuan i
n = jumlah seluruh pixel di dalam citra

 

Pengubahan Histogram

Ada dua cara:

oPerataan Histogram (histogram equalization)
oSpesifikasi Histogram (histogram specification)

 

 

Perataan Histogram

Nilai-nilai intensitas di dalam citra diubah sehingga penyebaranx seragam(uniform)

Walaupun perataan histogram bertujuan agar derajat keabuan memiliki jumlah pixel yang relaif sama, tetapi seringkali histogram hasil perataan tidak benar-benar tersebar. Alasannya adalah:

1.Derajat keabuan terbatas jumlahnya. Nilai intensitas baru hasil perataan merupakan pembulatan ke derajat keabuan terdekat
2.Jumlah pixel yang digunakan sangat terbatas.

 

Pada perataan histogram,  rumus histogram ditulis sebagai fungsi peluang:

Yang dalam hal ini:

Derajat keabuan (k) dinormalkan terhadap derajat keabuan terbesar (L-1)
rk= 0  adalah  hitam,  rk= 1 adalah putih

 

Spesifikasi Histogram

nilai-nilai intensitas dalam citra diubah agar diperoleh histogram dengan bentuk yang dispesifikasikan oleh pengguna.
Cara pembentukan histogramnya memanfaatkan sifat pada perataan histogram . Bila fungsu transformasi pada perataan histogram adalah histogram semula menjadi seragam, maka fungsi balikannya adalah memetakan histogram yang seragam menjadi histogram semula atau sesuai dengan keinginan.

 

Perataan Histogram
Jika histogram yang diinginkan sudah di spesifikasi, maka perataan histogramnya

Balikan dari fungsi G

  z = G -1 (v)

  dengan mengganti v dengan s,

  z = G -1 (s)     

  maka diperoleh intensitas yang diinginkan

 

 

 

Filtering

Low pass filter
High pass filter

Pengertian filtering pada citra adalah suatu proses dimana diambil sebagian sinyal dari frekuensi tertentu dan membuang sinyal pada  frekuensi yang lain.

 

Contoh: Jendela ketetanggan 3x3, Nilai piksel  pada posisi x dipengaruhi oleh nilai 8 tetangganya. Perbedaan dengan point processing: pada point processing, nilai suatu piksel tidak dipengaruhi oleh nilai tetangga-tetangganya

 

Bila ingin mempertahankan gradiasi atau banyaknya level warna pada suatu citra, maka yg dipertahankan adalah frekuensi rendah dan frekuensi tinggi dapat dibuang atau dinamakan dengan Low Pass Filter
vBanyak digunakan untuk reduksi noise dan proses blur

Bila ingin mendapatkan threshold atau citra biner yg menunjukkan bentuk suatu gambar maka frekuensi tinggi dipertahankan dan frekuensi rendah dibuang atau dinamakan dengan High Pass Filter
vBanyak digunakan untuk menentukan garis tepi (edge) atau sketsa dari citra

 

Konvolusi adalah perkalian total dari dua buah fungsi diskrit f(n,m) dan h(n,m) yg didefinisikan dengan:

 

Contoh sebuah mask berukuran 3x3. Filter ini akan diterapkan /dikonvolusikan pada setiap jendela ketetanggaan 3x3 pada citra (anggap filter sudah dalam bentuk terbalik)

 

Low pass filter adalah proses filter yg mengambil citra dengan gradiasi intensitas yg halus dan perbedaan intensitas yg tinggi akan dikurangi atau dibuang.

 

 

High pass filter Adalah proses filter yg mengambil citra dengan gradiasi intensitas yg tinggi dan perbedaan intensitas yg rendah akan dikurangi atau dibuang.

 

 

 

 

 

Komentar

Sering Dilihat

Program menentukan Lantai Gedung Pakai Password Menggunakan Bahasa C/C++

seperti judul di atas, kita akan menggunakan bahasa c/c++ dalam membuat program membuat password pada setiap gedung agar kita tau ada dimana kita berada, atau lebih tepatnya di mana posisi kita.   program ini cocok sekali untuk sebuah gedung perusahaan yang multifungsi dimana pengguna akan di serahkan password untuk di tempatkan di lantai berapa mereka nantinya.   berikut source code nya       outputnya seperti ini       jika anda ingin mendownload program beserta source   KLIK Download atau nonton video lewat youtube agar lebih jelas nya disini -> YOUTUBE         Terima kasih  dan jangan lupa salam olahraga dan selalu pakai masker aku cinta kalian dan boneka teddy bear ku

PROGRAM SEDERHANA MEMBUAT MENU MAKANAN MENGGUNAKAN SWITCH -CASE DAN DO -WHILE PADA PEMROGRAMAN C/C++

  program kali ini dibuat untuk programmer tingkat awam dimana program ini bisa dikembangkan lagi kalau kalian mau, oke tanpa basa basi ini source code nya     tampilan outputnya        jika tekan menu 1 akan muncul tampilan seperti ini    jika ditekan menu selain angka 1-5 makan akan muncul tampilan seperti ini jika ingin selesai tekan angka 0 oke demikian program kali ini kalau ingin mendownload source code dan program bisa download di link ==> DOWNLOAD atau bisa juga tonton video agar lebih jelas berikut link ==> TONTON   TERIMAKASIH    SALAM OLAHRAGA  

QUERY (Permintaan, Pertanyaan)

 DOWNLOAD MATERI : DOWNLOAD NONTON MATERI : NONTON   1. Query dalam Basisdata — Salah satu proses yg dilakukan dlm sebuah sistem basisdata adalah query, yi: suatu proses utk meminta (menanya) informasi dari basisdata dlm bentuk yg diinginkan oleh pemakai dgn cara yg diinginkannya. — Proses query melibatkan 3 (tiga) unsur utama data yg ada di dlm basisdata itu, yi: entitas , atribut , dan value (besaran atau nilai) dari atribut itu. — Ketiga hal tsb dinyatakan dgn simbol 2 sbb: E = entitas ( entiti ) A = atribut V = value (nilai atau harga) dari atribut. —   Dgn simbol 2 tsb, proses query dpt dirumuskan dgn cara: 1. A(E) = ?, Artinya, berapa nilai atribut A dari entitas E, atau apa isi atribut A dari entitas E. Mis: berapa IP mahasiswa dgn NIM 12345012 ? 2. A(?) = V, Artinya, entitas mana yg memp nilai V dari atribut A-nya? Atau, entitas mana yg atribut A-nya memp nilai V.   Mis : a. Tampilkan daftar mahasiswa dgn IP > 3.5 ...